Cara Cepat Color Grading di Vegas Pro

Cara Cepat Color Grading Di Vegas Pro
Donny Crew Project : Color Grading di Vegas Pro
Sebelumnya aku pernah kasih tahu bahwa aku bakalan bahas masalah color grading dalam video. Kali ini kita akan belajar cara grading atau pewarnaan video agar video yang kalian buat lebih menarik dan kesannya tidak amatiran. Dan untuk kalian para editor pemula mari kita sama-sama bahas mengenai topik ini.

Color Grading atau pewarnaan merupakan salah satu bentuk kreatif dari sang editor video dengan cara mewarnai video agar terlihat lebih bagus dan menarik. Setiap editor tentunya memiliki grading yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka flat, terang, kontras, cinematic dan lain-lain. Setiap editor juga tentunya menggunakan software editing yang berbeda sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka. Namun kali ini aku bakalan menjelaskan cara grading di Sony Vegas Pro. Yang mana menrupakan aplikasi editing yang sering aku gunakan untuk edit video karena aku merasa lebih mudah menggunakannya dibanding software berat lainnnya.

Sony Vegas pro sendiri sudah menawarkan fitur-fitur auto grading dan transisi, namun aku biasanya lebih suka membuat video ku lebih atraktif dengan membuatnya secara manual. Kalo kalian tertarik dengan software satu ini silahkan kalian download dulu. (link cari di Youtube)
Mari kita mulai membahas cara cepat color grading di vegas pro. Jika kalian saat ini menggunakan sony vegas pro versi 9 – 12 silahkan upgrade ke versi 13 – 15. Karena pada bahasan ini aku akan menjelaskan cara penggunaan plugin tambahan (bukan Plugin asli Vegas Pro). Yaitu menggunakan LUT (VisionColor LUT) Download disini  , silahkan kalian download terlebih dahulu dan instal di vegas pro kalian. Download juga file LUT yang telah aku sediain buat keperluan Grading kalian di link ini ( Klik Disini )

Perlu kalian ketahui di vegas pro sendiri sudah ada fitur effeck color grading yaitu menggunakan Color Corection jika kalian ingin membuat grading secara manual silahkan dicoba. Namun jika kalian ingin cepat kalian bisa mengikuti langkah – langkah berikut:

1.Import File mu di vegas Pro
Silahkan kalian import file yang ingin kalian edit di sony vegas pro dan selanjutnya atur dan potong bagian yang ingin kalian gunakan.

2.Pilih Vision Color LUT
Jika kalian sudah mendownload dan menginstal Vision color LUT, maka silahkan kalian pergi ke effect dan scrool bagian paling bawah. Disitu kalian pilih vision color kemudian drag ke timeline video yang kalian gunakan. 
Cara-Cepat-Color-Grading-Di-Vegas-Pro-2


Selanjutnya di tampilan Plugin Vision Color Lut silahkan kalian Browse dan cari dimana kah kalian menyimpan LUT yang telah kalian download. Pilih lah LUT yang sesuai dengan selera kalian .
Cara-Cepat-Color-Grading-Di-Vegas-Pro-3

3.Gunakan Curves
Untuk hasil yang lebih baik gunakan juga Curves di video yang kalian rasa kurang kontrasnya. Silahkan pergi ke effect dan pilih Curva Curves. Lalu atur bagian bawah untuk mempertajam dan bagian atas untuk mempercerah. Silahkan bereksperimen sendiri.
Cara-Cepat-Color-Grading-Di-Vegas-Pro-4

Terakhir, selamat Grading kalian sudah jadi dan siap untuk di render. Oh iya ini hasil-hasil dari Color Grading ku menggunakan Vision Color LUT.






Cukup sekian Bahasan mengenai Color Grading menggunakan Vegas Pro. Aku harap kalian memahaminya. jika kalian masih kurang paham silahkan Kunjungi Youtube Channel kami Donny Crew Project ( Klik Disini )  
Atau Klik Tutorialnya Disini 

Jangan Lupa share ke media sosial mu siapa tahu ada temanmu yang saat ini ingin menjadi seorang editor. 

Salam kami

Donny Crew Project

Comments

  1. membantu sekali bro buat pemula

    ReplyDelete
  2. Kalo untuk indoor baiknya pakai pilihan effect yang mana ya..? Trimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment