Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Editor Pemula

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Editor Pemula
Donny Crew Project : Kesalahan Editor Pemula
Dizaman era digital ini kita dihadapi dengan banyaknya konten-konten hiburan yang tersebar dimana-mana. Baik itu televis atau pun media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan yang lebih terkenal iyalah youtube.

Salah satu bentuk konten tersebut yaitu berupa gambar audio visual atau kita sebut saja Video. Berbagai macam video menarik dan menghibur tentu tak lepas dari tangan-tangan kreatif si pembuat konten baik dari segi pengambilan gambar ide cerita hingga teknik editing video.
Kali ini aku akan berbagi pengalamanku dibidang editing video atau disebut juga editor. Yang dimana bukan hanya sebagai hobi namun juga bisa menjadi ladang penghasilan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Oh iya, aku juga sering  membagikan hasil editing ku ke media sosial pribadi ku seperti facebok, instagram dan youtube tentunya. 

Berbagai komentar pun aku terima dan ada juga yang ingin belajar bagaimana caranya editing video. Aku pernah dikirimin video oleh seorang bocah kita sebut saja “wowo” (bukan artis Tiktok). Setelah aku perhatiin ternyata editing videonya aku anggap -1 dari 9 point Hahaha…
Bukan maksud tuk menjelekan hasil karyanya tapi aku beri dia beberapa saran dalam editing video. Sebenarnya aku juga bukan seorang yang professional editing, namun dari berbagai pengalaman yang aku jalani (eakkk…. ) setidaknya aku BISA !!!

Oleh sebab itu, aku akan membahas kesalahan yang sering dilakukan oleh kalian para editor pemula seperti saya wkwkw… 
Beberapa hal berikut ini tidak akan pernah kalian dapatkan di konten youtube manapun. Sebab hal ini sangat-sangat rahasia saking rahasianya hanya saya, Tuhan dan Anda saja yang tahu. Mari Kita Simak !!!!

1. Edit Video Mengunakan Gambar
Hal yang paling sering kita lihat di youtube adalah adanya video yang cuma menampilkan beberapa gambar. Jelas hal ini tentu memiliki nilai yang kurang dimata penonton, Termasuk aku dan kalian. Oleh sebab itu jika kalian adalah editor pemula. Usahakan kalian mengedit menggunakan footage hasil rekaman sendiri. Boleh diambil mengunakan kamera hp, kamera DSLR, atau pun camera Go Pro. 
Hal ini tentunya lebih bagus dibandingkan kalian hanya membuat sebuah video menggunakan gambar saja (belum lagi ditambah suara translate Google). Namun , tenang saja jika kalian masih ingin membuat video menggunakan gambar saja aku sarankan kalian membuatnya tidak statis dan harus menggunakan gambar dengan high resolution. Sebagai tambahan usahakan menggunakan transisi yang baik (bukan alay) dan memilih jenis musik yang sesuai. Oh iya, ada kok aku buat video hanya dengan gambar saja namun dengan editing yang agak Pro pastinnya .silahkan kunjungi channel youtube Donny Crew Project .

2. Software yang digunakan
Software atau aplikasi editor yang kalian gunakan juga berpengaruh loh. Jika saat ini kalian menggunakan editor android. Usahakan agar watermarknya kalian hilangkan, atau beli originalnya. Kenapa Aplikasi??? Jika kalian masih pemula tentunya akan lebih sering mengedit video dengan memanfaatkan transisi-transisi bawaan dari aplikasi tersebut. Walaupun itu terlihat menarik, namun kalian tidak sadar bahwa itu sangat merugikan. (bukan kalian tapi kami Haha…) perlu diketahui banyak sekali aplikasi editing video yang saat ini menyajikan fitur-fitur kemudahan untuk mengedit video menjadi lebih baik layaknya editor professional. Dengan kemudahan editing auto ( lebih cepat /otomatis jadi). 
Namun kalian tidak akan pernah puas dengan hasil yang kalian peroleh dibandingkan kalian menggunakan aplikasi editing yang serba manual. Mengapa? Karena kalian hanya bisa terpaku dengan fitur-fitur yang ada dan tidak bisa bereksperimen sendiri. Lain halnya jika kalian menggunakan software editing yang harus dilakukan secara manual. Adapun beberapa software tersebut ia lah Adobe After effect, premiere Pro dan vegas Pro. Jika kalian ingin lebih mudah maka aku sarankan gunakan Software Vegas Pro untuk kebutuhan editing, selanjutnya silahkan kalian gunakan premire Pro atau after Effect. 

3. Jalan Cerita
Jalan cerita??? Itu apaan. Hemm buat kalian yang hanya menjadi editing video pemula pasti tidak memahami hal ini. Ketika kalian selesai mengambil footage. Maka selanjutnya adalah tahap editing, disini lah kita butuh yang namanya jalan cerita agar hasil video kita bisa lebih menarik dibandingkan hanya kita edit video tinggal masukan sambung transisi, kemudian kasih teks. 
Apa gunanya? Gunanya adalah sebagai pemyambung garis keutuhan video agar terlihat tidak melompat-lompat saat di edit. Tentu hal itu sangat buruk. Bukan maksud menjelek-jelekan konten orang lain. Namun hal ini penting jika kalian ingin hasil editing yang lebih baik dan menarik. Silahkan pelajari sendiri atau kalian bisa melihat contohnya di beberapa video aku di youtube.  

4. Pemilihan lagu atau backsound
Iya. Lagu atau backsound dalam editing video sangat penting. Agar video tidak terlihat kering dan lebih berisi selain tadi juga adanya jalan cerita (bukan lompat-lompat edit). Kadangkala kita ingin backsound musik traveller namun kita malah mamasukan musik keroncong kan Lucu. Atau kita ingin music kekinian di video jalan-jalan tapi pake musik Via vallen. 
Untuk tahap satu ini silahkan bereksperimen sendiri deh. Di lain kesempatan aku bakalan bahas semuanya secara rinci.

5. Color Grading/ Pewarnaan video
Kalo yang ini tentu kalian juga sudah tahu, mewarnai hasil editing kita sangat lah penting agar gambar tidak terlihat flat dan kasar. Jadi buat kalian para pemula usahain grading video kalian secukupnya. Jangan terlalu alay. Kalau kalian merasa gradingnya udah cukup bagus. Silahkan dilanjutkan dengan menambahkan beberapa teks sebagai keterangan dari video tersebut.

6. Effect atau simbol
Aku anggap ini adalah kesalahan terakhir, sebenarnya masih banyak yang harus dibahas. Effect ?? kebanyakan dari editor pemula suka menambahkan effect yang tidak sesuai dengan video mereka. Katanya sih biar kelihatan keren, tapi sebenarnya malah kelihatan Norak. Contoh. Teks yang tiba2 melayang kemana-mana. Simbol atau emoticon yang nutupin video. Atau yang lebih parah ditambah symbol-simbol magis illuminati (wkwkwk) .
Maksudnya adalah gunakan lah effect seperlunya sesuai dengan tema dan cerita dari video kalian, jika tentang video jalan-jalan maka cukup tambahkan teks keterangan tempat dan lain-lain, dan lain-lain.


Udah deh kayaknya cukup sekian dulu, lagian kalian juga gak akan perhatiin kok apa yang aku jelasin. 
Oh iya, jangan lupa deh mampir di channel Youtube kami “ Donny Crew Project”. Walau bukan Pro tapi bermanfaat lah pokoknya.

Salam dari kami
Donny Crew Project

Silahkan bagikan Artikel ini di Medsos dibawah : FACEBOOK , TWITTER, GOOGLE PLUS dan WHATSAPP

Kalo suka berlanggana Juga !!!

Comments